Minggu, 29 Mei 2016

Semarak Bancakan Salak Wonosalam 2016

BANCAKAN Salak! Begitu nama acara kali ini yang digelar di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Meski diadakan pertama kali dan hanya "digawangi" masyarakat dan perangkat tingkat desa namun tak mengurangi kemeriahan dan antusias warga. Apalagi jumlah salak yang diperebutkan jumlahnya berlimpah ruah. Dengan ketinggian tumpeng salak lebih dari 6 meter dan jumlah salak 2 ton 16 kilogram, setidaknya telah menyedot perhatian masyarakat, baik masyarakat lokal maupun luar kota dan media massa.

Acara yang pelaksanaannya dipusatkan di bumi perkemahan Pengajaran ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas hasil bumi (salak) yang melimpah dan sekaligus acara launching Desa Galengdowo sebagai desa wisata. Selama ini yang telah dikenal di desa ini oleh masyarakat luas adalah Air Terjun Tretes Pengajaran. Namun sejatinya Galengdowo juga punya potensi lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah produk pertanian salak jenis pondoh yang dibuat bancakan kali ini.


Bukan tanpa alasan mengapa salak pondoh ini menjadi icon baru di Desa Galengdowo. Salak pondoh produk Desa Galengdowo memiliki bentuk buah kerucut dan cembung, rasanya segar, manis dan renyah. Sementara itu kebun salak di Desa Galengdowo sudah memperoleh sertifikasi lahan dari Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur sebagai lahan yang dibudidayakan menurut GAP (Good Agricultural Processing) dan menghasilkan buah salak yang organik, yang sehat dan aman dikonsumsi karena bebas pestisida.

Itulah salah satu alasan mengapa Pemerintah Desa Galengdowo mengadakan acara kreatif bertitel "Bancakan Salak" di tahun ini sebagai upaya untuk mengglobalkan potensi dan nilai-nilai lokal Desa Galengdowo.Tentu saja masih banyak produk unggulan lain yang siap diluncurkan seiring dengan "pengukuhan" Desa Galengdowo sebagai Desa Wisata. Semoga!

4 komentar:

  1. Waaah, seru ya, Mas, acaranya. Jadi ingat saya sekitar 25 tahunan yang lalu pernah kemah di Pengajaran, Galengdowo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 25 th lalu sy baru masuk SMP Pak Ustadz he he he .....

      Hapus
  2. Baru tahu saya, ternyata di Jombang juga ada daerah penghasil salak pondoh toh. Saya tahunya cuma di Sleman dan Bali. :)
    Bancakan salak itu diadakan setiap tahun atau setiap panen, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salak di tempat kami memang baru th 2000an dikembangkan Pak. Tapi soal rasa dan kualitas berani diadu :) Bancakan baru tahun ini digelar, kayaknya yang pertama juga di Indonesia :)

      Hapus

Thanks for your visiting and comments!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...